Kamis, 28 Juni 2012

Peraturan MPASI Aisya

sebagai emak2 rempong yang pengen mastiin semuanya baik, aku emang udah bikin peraturan2 yang aku tempel di kulkas, sebagai reminder buat yang ngasuh aja.. contohnya peraturan ASI Eksklusif 6 bulan yang aku tulis disini
untuk MPASI ini juga aku udah bikin peraturan2nya lhooo. karna aku sadar banget kalo pola asuh skg dan yang dulu itu beda banget, misalnya penggunaan gula dan garam di makanan.. bayi kan masih virgin bgt indra perasanya, jadi dia ga bakalan protes kl makanannya emang rasa alami alias ga pake gulgar..
aku mau share peraturan MPASI yang udah aku bikin:
  • WAJIB:
  1. TIDAK GULA
  2. TIDAK GARAM
  3. TIDAK SUSU FORMULA
  4. TIDAK MINYAK kecuali extra virgin olive oil dan extra light olive oil
  5. TIDAK MADU
  6. TIDAK MAKANAN INSTAN
  7. TIDAK BISKUIT PABRIKAN
  8. TIDAK SANTAN
  • ASI masih menjadi asupan utama
  • Makan harus duduk, tidak boleh jalan-jalan, kalao digendong juga harus duduk
  • Makan tidak boleh sambil nonton TV
  • Harus dijeda dari minum ASI
  • Pantau tanda alergi seperti bintik2 merah, sembelit atau diare, ngeden, muntah.
  • Air putih maksimal 100ml per hari, kurang lebih 5 sendok setiap habis makan.
  • Kalau Aisya tidak mau makan / tidak suka makanannya, sesi makan dihentika (coba lagi sore atau besoknya), jgn dipaksa makan
  • Belajar minum ASI pakai mag-mag atau gelas. Pasti bisa.

Tidak ada komentar: