Kamis, 28 Juni 2012

MPASI Perdana

Setelah Aisya lulus asi eksklusif, ini saatnya dia mulai belajar makan. aku mulai heboh browsing2 ttg MPASI itu pas usia Aisya masih 4 bulan, udah bikin2 jadwal makan sama food chart based on age jugaakk (aselik ini niat bin sempet banget). semuanya demi ngasih homemade MPASI yang aku yakin kebersihan dan nutrisinya terjaga bener2.. peralatan MPASI udah hunting juga dari lama, ntar peralatan MPASI kumplitnya bakal diposting kemudian :D

aku ga nerapin 4 days rule ke Aisya, pertimbangannya pengen ngenalin variasi makanan. kalo aku ngeliat ga ada tanda alergi, aku langsung lanjut ke jadwal yang udah aku bikin.. tapiii kalo ternyata ada alergi atau sembelit langsung deh split ke bahan makanan yang bisa netralin lagi. lagian, WHO skg udah ga nyarani 4 days rule lagi dan tekstur makanan jg ga dibuat secair ASI, cmiiw..

hari pertama dan kedua MPASI, aku kasih puree alpukat.. kebetulan banget si alpukat ini lagi jadi buah yang teramat susyee dicari, bahkan nitip ke mas2 penjual es teler di kantin jg ga dapet.. tapi emang dasar rejeki sama si alpukat, bumer alias ibu mertua yang skg tinggal di bandung pulang bawa alpukat 2 kiloan :o
dari 2 kilo itu, cuma mateng 2 buah doank dooonk.. yang lain udah item dengan kondisi masih keras :(
alpukat emang buah untung2an banget deeehh..

untungnya si utuk2 Aisya cm makan dikit. hari pertama cuma makan 1/4 buah ajaa, tekstur dibikin cair. hari kedua berhasil makan 1/2 alpukat dan tekstur dibikin agak kental. rasanya nyuapin itu deg2aannn bgt deh. serumah ikutan nungguin proses penyuapan perdana gitu. hahaha. nenek dan eyangnya bolak balik nanyain jam maemnya Aisya. udah divideoin dan foto2 pulaakk.. sblm MPASI emang aku udah beliin booster seat, tujuannya adalah biar ngebiasain Aisya makan sambil duduk. ngeliat anak2 yang makan hrs kejar2an sama yg nyuapin itu sangat mengerikaaaannn. apalagi sambil digendong. encok booo.. makannya si booster seat itu salah satu barang yang jadi top list buat MPASI.


MPASI Perdana: puree alpukat

setelah MPASI, nungguin waktunya pup itu bener2 bikin senewen deehh (lebay).. secara pas cuma asi itu kan pencernaan udah dijamin lancar, sehari bisa pup 3 kali tuuhh.. naahh pas pertama maem itu, Aisya sempet ngeden2 kayak mau buang angin gitu.. was2 banget rasanya, tapi ternyata itu salah satu eksplorasi dia. abis ngeden2 langsung ketawa2 sndiri.. aahh anak lucu memang..
besoknya, Aisya bisa pup dengan lancar.. yeeyyy.. teksturnya juga udah berubah, agak lebih padat dan warnanya ijo, sesuai apa yang dimakan. jadi aku simpulin kalo si alpukat lulus TATA alias tidak ada tanda alergi.

hari ketiga dan keempat MPASI mam bubur beras merah. aku ga mau pake gasol, padahal udah beli. karna stlh browsing2 ternyata segala sesuatu yang diolah jauh dari bentuk aslinya itu ga baik. apalagi tepung2an bisa meningkatnya glikemiks indeks yang memforsir tubuh memproduksi insulin. serem ih bacanya. akhirnya masak beras merah ini pake slow cooker yang didapet dari kado. lumiyiiiinnn ga usah beli :D

beras merahnya direndem dulu kurleb 3 jam, dimasak dengan metode low matengnya sekitar 7 jam. 1 sendok makan beras merah dimasak dengan kurleb 120ml air. ini airnya tergantung dari jenis berasnya. beras yang aku pake beras organik. takaran ini juga melalui proses ujicoba berkali2. setelah mateng, bubur digrinder trus disaring. jadinya lembuuuttt.. aku bandingin sama beras merah gasol emang jadi akhirnya beda :o



rice cooker kado :p merk IQ Baby

kiri: blm digrinder + saring
 beras merah ini juga termasuk MPASI yang lulus dicoba ke Aisya. mamnya langsung hap hap hap.. takaran 1sdm beras itu cukup buat sekali mam.

hari kelima dan keenam, Aisya mam puree zukini. bikinnya cukup dikupas, potong2, kukus, saring. jadinya lembuut banget dan sedikit berair. aku nyium baunya aja udh eneg, tapi ternyataaa Aisya doyaaan banget. zukini ini nama lainnya terong jepang. mirip2 sih bentuknya cuma si zukini ini warnanya ijo. zukini juga lulus uji cobaa.. 1 lonjor zukini bisa buat 2 kali makan, pagi sama sore. mulai hari kelima emang Aisya udh aku kasih 2 kali makan, toh porsinya juga ga banyak2.

biasanya, aku bikin puree fresh pagi2, aku masukin ke tupperware kecil sekali makan trs masukin ke chiller. ntar mendekati jam makan, pengasuh Aisya tinggal masukin ke magic jar dan angetin ASIP. kalo udh mau makan, tinggal dicampur aja makanan + ASIP. aku jadwalin Aisya makan abis mandi, biar seger gituuu :D

rencananya bsk mau ngasih puree pear xiang lie atau kacang ijo. udah beli kacang ijo organiknya kemaren cuma blm sempet diuji coba takaran yang paasss.. :D
pokoknya GO HOMEMADE BABY FOOD.. :)


2 komentar:

nurwulan mengatakan...

Diapdet terus donk menu2nya..
jadi aku kan langsung brosing ksni ajah ga "kmna kmana" (klo kt kirana)
hehehe...

AgnEz mengatakan...

Aaaak baru bacaaa... di fb aja yaaak menu2 seksnjutnyaaa..