Selasa, 26 Juni 2012

Peraturan ASI Eksklusif Aisya

karna aku working mom dan Aisya sehari2 sama pengasuhnya, walopun ada mertua atau mama yg ngawasin, aku merasa tetep perlu bikin peraturan ttg asi eksklusif Aisya. bukannya apa2, kadang orang lebih inget kalo ada written rules while they often disobey the spoken one. jadiii inilah "peraturan"yang aku bikin dan tempel gede2 di kulkas..

  1. Selama 6 bulan pertama, tidak ada asupan lain selain ASI. Air putih juga tidak boleh.
  2. Minumkan ASI dalam keadaan tenang, tdk nonton TV, dan tidak digoyang2 terlalu kencang.
  3. Ambil botol dengan urutan tanggal terlama.
  4. Apabila botol ASI masih beku, cairkan dengan merendam dalam gelas yang berisi air putih dengan suhu normal, jangan pakai air panas.
  5. Taruh botol ASI di warmer dengan suhu 40 derajat. Apabila ada lemak menempel pada botol, larutkan dengan menggoyang botol dengan gerakan memutar, jangan dikocok.
  6. Apabila ASI dalam wadah kantung plastik, tuang ke botol dulu sebelum dihangatkan. ASI dalam wadah kantung plastik tidak boleh langsung dihangatkan.
  7. Takaran per minum adalah kurang lebih 100ml.
  8. ASI yang sudah dihangatkan, jangan dihangatkan lagi.
  9. ASI yang sudah dihangatkan harus habis dlm waktu kurang dari 4 jam.
tapi dalam perjalanannya, tetep aja ada rules yang dilanggar, seperti menghangatkan asip pada warmer dgn suhu lbh dari 40 derajat. ini langsung bikin aku ngeprint lagi tulisan gede2 dan ditempel di warmer. semoga ga ada yang dilanggar lagi,kalo ga bakal nempel peraturan baru lagi nih.. hihihi..

Tidak ada komentar: